Expand/collapse block Information for lesson "PSD804 - Teori Psikologi Perkembangan Kontemporer"Information for lesson "PSD804 - Teori Psikologi Perkembangan Kontemporer"
Description:
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mampu memiliki perspektif teoritis dalam permasalahan (Epistemology, Ontologi, Aksiologi) serta meninjau konsep secara inter, multi dan transdisipliner, sehingga mampu membuat sebuah kerangka konseptual dalam mengkaji tentang psikologi perkembangan dalam sudut pandang kontemporer.
Objectives:
Mampu mengenali dan menganalisis berbagai permasalahan perkembangan individu yang terjadi di dalam realitas sosial
1. Menunjukkan sikap kritis dalam memahami realitas sosial dalam masyarakat dengan menggunakan konsep dan teori psikologi
2. Mampu menghubungkan grand teori Psikologi dengan berbagai teori dari bidang keilmuan lain yang relevan untuk memahami realitas sosial dalam masyarakat secara komprehensif melalui pendekatan inter, multi dan transdisipliner
Assessment:
Review Jurnal, Laporan telaah Teks book &/ Handbook, Laporan kajian konsep inter, multi dan transdisipliner
Topics:
1. Teori klasik dan teori kontemporer
2. Behavioral perspective
3. Psychoanalytic perspective
4. Cognitive perspective
5. Humanistic perspective
6. Sociocultural perspective
Resources:
1. Boyd, D. & Bee, H. (2009). Lifespan development (5th ed). Boston: Pearson Education, Inc.
2. Crain, W. (2014). Teories of development concept and application (6th ed). London: Pearson
3. Lerner, R.M (2009). Concepts and Teories of human development. London: Addison Wesley Pubhishing Company
4. Papalia,D.E. & Felman, R.D (2012). Experience human development (12 thed). New York: Mc Graw- Hill
5. Santrock, J.W. (2010), A topical approach to life span development ( 5th ed). New York: Mc Graw –Hill.
Other information:
Beban Studi: 2 SKS
Learning method:
1. Kuliah
2. Diskusi
3. Review Jurnal
4. Praktek Meta analisis narasi