Description:
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa untuk menganalisis permasalahan dan issue-issue dalam bidang pendidikan menggunakan perspektif kontekstual dari sistem yang berkembang di keluarga hingga meluas pada dunia global, selajutnya mahasiswa diharapkan mampu menyusun dan merencanakan solusi yang implementatif.
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa untuk menganalisis permasalahan dan issue-issue dalam bidang pendidikan menggunakan perspektif kontekstual dari sistem yang berkembang di keluarga hingga meluas pada dunia global, selajutnya mahasiswa diharapkan mampu menyusun dan merencanakan solusi yang implementatif.
Objectives:
Mampu menelaah dan menguraikan permasalahan pendidikan yang terjadi di dalam realitas sosial pada konteks system ekologi yang berkembang dari keluarga hingga meluas pada perkembangan global
1. Mampu memahami konsep teori sistem ekologi yang berkembang dalam proses pendidikan formal, non formal dan informal
2. Menerapkan konsep dan teori sistem ekologi yang terkait dengan teori bidang ilmu lain mengidentifikasi, menganalisis dan mencari solusi permasalahan yang muncul dari pendidikan formal, non formal dan informal
Mampu menelaah dan menguraikan permasalahan pendidikan yang terjadi di dalam realitas sosial pada konteks system ekologi yang berkembang dari keluarga hingga meluas pada perkembangan global
1. Mampu memahami konsep teori sistem ekologi yang berkembang dalam proses pendidikan formal, non formal dan informal
2. Menerapkan konsep dan teori sistem ekologi yang terkait dengan teori bidang ilmu lain mengidentifikasi, menganalisis dan mencari solusi permasalahan yang muncul dari pendidikan formal, non formal dan informal
Assessment:
Tugas (65%), Presentasi (25%), Soft Skill (10%)
Tugas (65%), Presentasi (25%), Soft Skill (10%)
Topics:
1. Perpektif teori sistem ekologi dalam proses pendidikan formal, non formal dan informal
2. Pengaruh perkembangan multi media dan IT dalam bidang pendidikan formal, non formal dan informal
3. Implementasi perkembangan neurosains dalam bidang pendidikan
4. Pendidikan antar generasi dalam konteks cohort yang terjadi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
5. Proses belajar kontekstual
1. Perpektif teori sistem ekologi dalam proses pendidikan formal, non formal dan informal
2. Pengaruh perkembangan multi media dan IT dalam bidang pendidikan formal, non formal dan informal
3. Implementasi perkembangan neurosains dalam bidang pendidikan
4. Pendidikan antar generasi dalam konteks cohort yang terjadi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
5. Proses belajar kontekstual
Resources:
1. Mason, D.W.A (2002). Educational Psychology: A Contemporary Approach. Wesley Longman, Inc
2. Bronfenbrener, U (1994). Ecological Model of Human Development. Mc Graw Hill. Toronto
1. Mason, D.W.A (2002). Educational Psychology: A Contemporary Approach. Wesley Longman, Inc
2. Bronfenbrener, U (1994). Ecological Model of Human Development. Mc Graw Hill. Toronto
Other information:
Beban Studi: 2 SKS
Beban Studi: 2 SKS
Learning method:
1. Kuliah
2. Diskusi
3. Tugas
4. Presentasi
1. Kuliah
2. Diskusi
3. Tugas
4. Presentasi