Description:
Materi matakuliah ini akan meliputi isi, struktur, dan organisasi self, self sebagai sentimen dan refleksi, self sebagai struktur sosial, hakekat personal dan sosial dari self dan identitas. Self yang berganda dan identitas yang utuh juga didiskusikan dalam kuliah ini. Selain itu dibahas juga pengaruh sosial, budaya, dan kesejarahan dalam ekspresi dari self. Proses pembelajarannya terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah perkuliahan tatap muka dan diskusi, serta review jurnal untuk memahami teori dan konsep self dan identitas. Pada bagian kedua, mahasiswa akan memperdalam teori dan konsep self dan identitas sesuai dengan topik disertasi yang akan ditelitinya.
Materi matakuliah ini akan meliputi isi, struktur, dan organisasi self, self sebagai sentimen dan refleksi, self sebagai struktur sosial, hakekat personal dan sosial dari self dan identitas. Self yang berganda dan identitas yang utuh juga didiskusikan dalam kuliah ini. Selain itu dibahas juga pengaruh sosial, budaya, dan kesejarahan dalam ekspresi dari self. Proses pembelajarannya terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah perkuliahan tatap muka dan diskusi, serta review jurnal untuk memahami teori dan konsep self dan identitas. Pada bagian kedua, mahasiswa akan memperdalam teori dan konsep self dan identitas sesuai dengan topik disertasi yang akan ditelitinya.
Objectives:
Mampu mengaplikasikan konsep self dan atau identitas pada topik disertasi yang relevan
1. Mampu mengaplikasikan konsep self perception pada topik disertasi yang relevan
2. Mampu mengaplikasikan konsep self esteem pada topik disertasi yang relevan
3. Mampu mengaplikasikan konsep self presentation pada topik disertasi yang relevan
4. Mampu mengaplikasikan konsep individual & group identity pada topik disertasi yang relevan
Mampu mengaplikasikan konsep self dan atau identitas pada topik disertasi yang relevan
1. Mampu mengaplikasikan konsep self perception pada topik disertasi yang relevan
2. Mampu mengaplikasikan konsep self esteem pada topik disertasi yang relevan
3. Mampu mengaplikasikan konsep self presentation pada topik disertasi yang relevan
4. Mampu mengaplikasikan konsep individual & group identity pada topik disertasi yang relevan
Assessment:
Tugas akhir resensi jurnal: 60%, Presentasi: 30%, Keaktifan di kelas: 10%
Tugas akhir resensi jurnal: 60%, Presentasi: 30%, Keaktifan di kelas: 10%
Topics:
1. Self perception
2. Self esteem
3. Self Presentation
4. Individual & Group Identitiy
1. Self perception
2. Self esteem
3. Self Presentation
4. Individual & Group Identitiy
Resources:
1. Leary, M. R., & Tangney, J. P. (2002). Handbook of Self and Identity. The Guilford Press Publication.
2. Hirsch, E. (1982). The Concepts of Identity. Oxford University Press.
3. Postmes, T., & Jetten, J. (2006). Individuality and The Group: Advances in Social Identity. Sage Publication.
1. Leary, M. R., & Tangney, J. P. (2002). Handbook of Self and Identity. The Guilford Press Publication.
2. Hirsch, E. (1982). The Concepts of Identity. Oxford University Press.
3. Postmes, T., & Jetten, J. (2006). Individuality and The Group: Advances in Social Identity. Sage Publication.
Other information:
Beban Studi: 2 SKS
Beban Studi: 2 SKS
Learning method:
1. Kuliah
2. Diskusi
3. Tugas (resensi jurnal yang berkaitan antara self & identity dengan topik penelitian yang relevan)
1. Kuliah
2. Diskusi
3. Tugas (resensi jurnal yang berkaitan antara self & identity dengan topik penelitian yang relevan)