Description:
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mampu merancang instrument pengukuran yang dapat digunakan untuk kebutuhan evaluasi dan pengembangan proses pendidikan.. Mahasisiwa akan diajak untuk mepelajari peranan evaluasi dan pengukuran dalam pendidikan.. Materi pemanfaatan model-model evaluasi, mengembangkan assessment, administrasi serta scales measurement merupakan hal penting untuk dipahami.
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mampu merancang instrument pengukuran yang dapat digunakan untuk kebutuhan evaluasi dan pengembangan proses pendidikan.. Mahasisiwa akan diajak untuk mepelajari peranan evaluasi dan pengukuran dalam pendidikan.. Materi pemanfaatan model-model evaluasi, mengembangkan assessment, administrasi serta scales measurement merupakan hal penting untuk dipahami.
Objectives:
Mampu mengaplikasikan dan mengevaluasi secara kritis berbagai metode evaluasi dan pengukuran dalam pendidikan
1. Mampu mengaitkan peranan evaluasi pendidikan dalam proses pendidikan
2. Mampu mengembangkan prinsip-prinsip pengukuran untuk kebutuhan evaluasi dalam pendidikan
3. Mampu menetapkan instrument pengukuran yang dapat digunakan dalam pengembangan proses pendidikan
Mampu mengaplikasikan dan mengevaluasi secara kritis berbagai metode evaluasi dan pengukuran dalam pendidikan
1. Mampu mengaitkan peranan evaluasi pendidikan dalam proses pendidikan
2. Mampu mengembangkan prinsip-prinsip pengukuran untuk kebutuhan evaluasi dalam pendidikan
3. Mampu menetapkan instrument pengukuran yang dapat digunakan dalam pengembangan proses pendidikan
Assessment:
Tugas 60%, Presentasi: 30%, Participation 10%
Tugas 60%, Presentasi: 30%, Participation 10%
Topics:
1. Peranan dan Evaluasi Pendidikan
2. Pemanfaatan Model-model Evaluasi
3. Developing Assessments
4. Administering and Scoring
5. Scales of Measurement
6. Psychological Test
1. Peranan dan Evaluasi Pendidikan
2. Pemanfaatan Model-model Evaluasi
3. Developing Assessments
4. Administering and Scoring
5. Scales of Measurement
6. Psychological Test
Resources:
1. Arikunto,Suharsimi, (2012) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (ed.2) Jakarta. P.T.Bumi Askara
2. Airasian, P.W., Russel, M (2007) Classroom Assessment. Boston:McGraw-Hill
3. Earl, L.M.(2003) Assessment as Learning:Using Classroom Assessment to Maximize Student Learning.Thousand Oaks, CA: Corwin Press, Inc.
1. Arikunto,Suharsimi, (2012) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (ed.2) Jakarta. P.T.Bumi Askara
2. Airasian, P.W., Russel, M (2007) Classroom Assessment. Boston:McGraw-Hill
3. Earl, L.M.(2003) Assessment as Learning:Using Classroom Assessment to Maximize Student Learning.Thousand Oaks, CA: Corwin Press, Inc.
Other information:
Beban Studi: 2 SKS
Beban Studi: 2 SKS
Learning method:
1. Kuliah
2. Diskusi
3. Tugas
4. Presentasi
1. Kuliah
2. Diskusi
3. Tugas
4. Presentasi