Description:
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mampu menganalisis realitas Organisasi dan Industri dalam hal perbedaan individu, kelompok dan organisasi dalam tataran konsep dan teori beserta asesmennya untuk kemudian menganalisis dan merancang pemikiran tentang suatu konsep secara detil dan mendalam sejak konsep dan tema tersebut muncul sampai kondisi saat ini. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari individual differences; criterion theory and development; competency modelling and classification; personnel recruitment, selection, and placement; human performance; dan performance appraisal/management
Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mampu menganalisis realitas Organisasi dan Industri dalam hal perbedaan individu, kelompok dan organisasi dalam tataran konsep dan teori beserta asesmennya untuk kemudian menganalisis dan merancang pemikiran tentang suatu konsep secara detil dan mendalam sejak konsep dan tema tersebut muncul sampai kondisi saat ini. Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari individual differences; criterion theory and development; competency modelling and classification; personnel recruitment, selection, and placement; human performance; dan performance appraisal/management
Objectives:
Mampu menelaah dan menguraikan permasalahan yang terjadi di dalam realitas sosial
1. Menunjukkan sikap kritis dalam memahami realitas Organisasi dan Industri dalam masyarakat dengan menggunakan konsep dan teori psikologi khususnya teori Psikologi Industri dan Organisasi
2. Mampu membuat asesmen atas konsep dan teori yang diminati berdasarkan pada sejarah munculnya konsep dan teori tersebut sampai dengan kondisi saat ini dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner.
Mampu menelaah dan menguraikan permasalahan yang terjadi di dalam realitas sosial
1. Menunjukkan sikap kritis dalam memahami realitas Organisasi dan Industri dalam masyarakat dengan menggunakan konsep dan teori psikologi khususnya teori Psikologi Industri dan Organisasi
2. Mampu membuat asesmen atas konsep dan teori yang diminati berdasarkan pada sejarah munculnya konsep dan teori tersebut sampai dengan kondisi saat ini dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner.
Assessment:
Tugas akhir Analisis Variabel Penelitian (Y) : 60%, Presentasi: 30%, Keaktifan di kelas: 10%
Tugas akhir Analisis Variabel Penelitian (Y) : 60%, Presentasi: 30%, Keaktifan di kelas: 10%
Topics:
1. Individual Differences
2. Criterion Theory and Development
3. Competency Modelling and Classification
4. Personnel Recruitment, Selection, and Placement
5. Human Performance
6. Performance Appraisal/Management
1. Individual Differences
2. Criterion Theory and Development
3. Competency Modelling and Classification
4. Personnel Recruitment, Selection, and Placement
5. Human Performance
6. Performance Appraisal/Management
Resources:
1. Arnold, John (2006), Work Psychology, Understanding Human Behavior at Work., Prentice Hall, Essex, England.
2. Dubois, David., dan Rothwell William J., (2004)., Competency Based Human Resources Management, Davis-Black Publishing., California, United States.
3. Haslam, S., Alexander, (2004), Pschology at work, California, United States.
4. Muchinsky, Paul, M., (2006), Psychology Applied To Work, Bellmont, United States
1. Arnold, John (2006), Work Psychology, Understanding Human Behavior at Work., Prentice Hall, Essex, England.
2. Dubois, David., dan Rothwell William J., (2004)., Competency Based Human Resources Management, Davis-Black Publishing., California, United States.
3. Haslam, S., Alexander, (2004), Pschology at work, California, United States.
4. Muchinsky, Paul, M., (2006), Psychology Applied To Work, Bellmont, United States
Other information:
Beban Studi: 2 SKS
Beban Studi: 2 SKS
Learning method:
1. Kuliah
2. Diskusi
3. Tugas (membuat analisis untuk tema disertasi yang akan dipilih)
1. Kuliah
2. Diskusi
3. Tugas (membuat analisis untuk tema disertasi yang akan dipilih)